Fresh Mobile Online Notes of Rachdian

Just another Microblog of Rachdian Center at WordPress.com site

Arab Saudi Benahi Transportasi Madinah

leave a comment »

Selasa, 7 April 2015 | 11:21 WIB

Source: http://www.varia.id/2015/04/07/arab-saudi-benahi-transportasi-madinah/

Dana sebesar 100 juta dolar AS digelontorkan pemerintah Arab Saudi untuk membayar konsultan asal AS memperbaiki sistem transportasi di kota Madinah. Perbaikan sarana ini untuk mendukung target mendatangkan 8,6 juta peziarah umroh dan 3,6 juta jamaah haji pada 2040.

Suasana jalanan di sudut kota Madinah, Arab Saudi. (Foto: Adhi Rachdian / Foter / CC BY)

VARIA.id , Jakarta – Kota-kota modern umumnya memiliki sarana transportasi yang baik.  Pemerintah mereka serius menata kota agar warganya merasa nyaman. Sistem transportasi yang canggih juga menjadi simbol peradaban masa kini.

Salah satu negara yang getol membangung sarana transportasi modern adalah Arab Saudi. Mereka  merombak transportasi di kota Madinah untuk meningkatkan jumlah peziarah. Tidak tanggung-tanggung, dana yang disediakan sebesar  100 juta dolar AS hanya untuk program konsultasi paling ambisius di Timur Tengah itu.

Badan Pembangungan Al Madinah Al Munawwarah (MMDA) menunjuk konsultan Louis Berger untuk menggarap proyek tersebut. Louis Berger merupakan perusahaan arsitek dan teknik sipil terkemuka di Amerika Serikat. Perusahaan ini mendapat banyak proyek pembangunan kembali Irak dan Afganistan setelah perang.

Kedua pihak menandatangani perjanjian untukpembangunan infrastruktur hingga 2040. Ketua MMDA Faisal bin Salman mengatakan, seperti diberitakan Arabian Business pada 4 April 2015, Presiden Louis Berger, James Stamatis mengaku, transportasi di Madinah akan menjadi salah satu yang paling canggih di dunia.

“Kami sangat bangga bekerja sama dengan MMDA dalam menerapkan Program Transportasi Publik Madinah (MPTP) pembangunan kota suci Madinah,” kata Stamatis.

Pengunjung melonjak 

Dalam kontrak lima tahun itu, Louis Berger bakal memberi dukungan perencanaan pembangunan dalam lima tahun ke depan. Rencana itu mencakup pembangunan jaringan metro dan bus. Selain itu, pemerintah Arab Saudi bakal memperbaiki jalan-jalan utama.

Tidak hanya itu, pemerintah juga bakal membangun fasilitas terkait seperti stasiun, parker dan sistem transportasi pintar (ITS).

Madinah tengah berbenah untuk menambah pengunjung dengan memperluas masjid dan bandara. Madinah ditargetkan mampu menampung 8,6 juta peziarah umrah dan 3,6 juta peziarah haji pada 2040. Saat ini, penduduk Madinah mencapai 1,1 juta orang.

Jumlah itu 4 kali lipat lebih banyak ketimbang peziarah di Arab Saudi pada 1435 jiiriah atau periode November 2013 hingga Oktober 2014.

Badan Pusat Statistik dan Informasi Arab Saudi mencatat, jumlah peziarah pada periode itu mencapai 2.085.238 orang. Itu terdiri dari 1.389.053 peziarah internasional dan 696.185 peziarah dalam negeri.

Untuk itu, Louis Berger bakal terlibat langsung dalam tim MPTP dan MMDA. Direktur Eksekutif Louis Berger untuk Timur Tengah dan Afrika Utara, Thomas Topolski mengatakan, seperti dikutip Arabnews pada 05 April 2015, Louis Berger bakal terlibat secara menyeluruh dalam perencanaan dan pengawasan.

Konsultan-konsultan lain bahkan mesti bekerja di bawah pengawasan Louis Berger. Ia bakal memberikan pelatihan pada pejabat senior MMMDA untuk mengembangkan kemampuan mereka. Pelatihan juga bakal diberikan pada manajer senior konsultan-konsultan mega proyek itu.

Setelahnya, Louis Berger bakal memberikan peran-peran mereka pada tenaga profesional Arab Saudi di tengah proyek.

“Begitu proyek selesai, MPTP akan menghasilkan fasilitas transportasi kelas dunia. Madinah bakal dapat memastikan keamanan bagi pengunjung, pezirah dan warganya.  Dalam prosesnya, profesional Saudi juga akan mendapat pengetahuan dan pelatihan,” kata Thomas Topolski.

Madinah merupakan kota paling banyak dikunjungi peziarah setelah Mekah. Di Madinah, terdapat masjid Nabawi yang ramai dikunjungi.

Masjid itu merupakan tempat suci kedua bagi umat Islam setelah Kabah. Banyak muslim dunia mengunjungi masjid itu karena terdapat makam  nabi Muhammad  Rasulullah SAW, Abu Bakar, dan Umar bin Khattab.*

Editor: Drajat Kurniawan (Arabnews, Arabian Business)

Read more: http://www.varia.id/2015/04/07/arab-saudi-benahi-transportasi-madinah/#ixzz3g0PoXtmY

Written by Adhi Rachdian

16 Juli 2015 pada 06:27

Ditulis dalam Re-Publish

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: