Fresh Mobile Online Notes of Rachdian

Just another Microblog of Rachdian Center at WordPress.com site

Seputar Penggunaan Alat e-vote BPPT dan IAITB–ITB

with one comment

Q: Pertanyaan
B: BPPT
I: IAITB-ITB

Sumber: BPPT dan ITB

1). Q: Apa azas yg mendasari pembuatan aplikasi e-vote ini ?
B: Aplikasi ini dibuat berdasarkan 6 Azas Pemilu yaitu LUBER dan JURDIL, (1)Langsung, (2)Umum, (3)Bebas dan (4)Rahasia, (5)Jujur dan (6)Adil
I: Idem

2). Q: Bagaimana penggunaan e-vote ini ?
B: Penggunaan mengikuti 4 langkah yaitu (1) registrasi (2) pilih (3) Ambil kertas printing (4) masukan kedalam kotak
I: Idem

3). Q: Apakah aplikasi ini siap untuk diaudit ?
B: Aplikasi ini dibuat dengan standar-standar IT yang berlaku jadi siap untuk diaudit termasuk sampai melihat flow-chart dan source codenya
I: Idem

4). Q: Bagaimana mengatasi terhadap serangan virus
B: Dalam pelaksanaan pc yang akan dipakai tidak akan terkoneksi ke network (terisolasi dari network) sehingga tidak dimungkinkan untuk virus dapat menyerang
I: Tidak perlu ada kekhawatiran dengan virus karena sistem ini berbasis embedded system dimana program tersimpan di EEPROM yang tidak bisa diubah.

5). Q: Apa yang terjadi pada aplikasi apabila listrik mati.
B: Pada saat pelaksanaan akan mengunakan UPS sehingga apabila listrik mati perangkat tidak akan mati
I: Sistem ini menggunakan daya listrik yang sangat rendah bahkan bisa dioperasikan dengan sebuah batere biasa. Apalagi jika dilengkapi dengan UPS, sistem ini akan semakin reliable. Jadi tidak ada kekhawatiran mengenai isu ini.

6). Q: Apabila komputer hang pada saat pemilihan apa yang akan terjadi ?
B: Aplikasi akan meneruskan perhitungan program dan apabila komputer tidak bisa diperbaiki maka dapat dihitung secara manual melalui kotak suara.
I: Kalau pada PC dikenal istilah hang, dalam sistem EMBEDDED tidak dikenal istilah hang. Kalaupun pasokan listrik terhenti dan dilakukan reset pada alat (kemungkinan yang sangat kecil terjadi, data yang tersimpan tetap akan sangat aman). Kalaupun dikombinasikan dengan penghitungan manual maka akan lebih meyakinkan lagi. Jadi tidak ada kekhawatiran mengenai isu ini.

7). Q: Perangkat keras apa saja yang diperlukan oleh aplikasi ini ?
B: Perangkat keras yang diperlukan Komputer dengan monitor tauch screen serta printer pos. Perkiraan biaya PC dgn Monitor 5 jt dan printer pos 2 jt.
I. Sistem ini merupakan kesatuan sistem yang terintegrasi antara piranti lunak dan keras. Perkiraan biaya perunit hanya sekitar Rp. 5.000.000,-. Kebutuhan UPS yang cukup mahalpun bisa saja ditiadakan. Jika diinginkan tampilan yang lebih bergaya dengan menggunakan touch screen, hal tersebut juga sangat memungkinkan.

8). Q: Aplikasi ini sudah dicoba dimana saja
B: Untuk digunakan pada pemilihan ketua koperasi di BPPT sedangkan secara simulasi sudah dicoba di Pasuruan, Pandeglang, Aceh dan Gorontalo
I: Simulasi sacara real belum pernah dilakukan karena sistem ini baru dibuat atas prakarsa dan dorongan untuk menghasilkan karya sebagai sumbangan dari IA-ITB dan peran serta nyata alumni muda.

9). Q: Berapa kapasitas dari aplikasi ini ?
B: Kapasitas aplikasi ini tidak terbatas hanya dibatasi oleh waktu pemilih, jika waktu satu orang pemilih adalah 20 detik maka dalam satu jam 180 orang sehingga dalam 5 jam bisa untuk 720 orang.
I: Idem bahkan jika listrik mati dan UPS sudah tidak berkerja lagi, alat ini tetap dapat berfungsi menggunakan batere.

10). Q: Mengapa tidak dibuat aplikasi yang berbasis HW (untuk eVoting BPPT)?
B: Pengalaman dari India yang mengunakan e-vote berbasis HW dimana diperlukan ruangan penyimpan peralatan untuk dipergunakan pada pemilu berikutnya. Jadi e-vote berbasis HW akan sulit dalam hal (1) distribusi (2) penyimpanan (3) pemeliharaan (Info dari ketua KPU Indonesia)

Q: Mengapa tidak dibuat aplikasi yang berbasis SW (untuk eVoting IAITB-ITB)?
B: Karena jika berbasis piranti lunak maka akan lebih banyak celah-celah yang dapat digunakan untuk memanipulasi data, baik karena kegagalan sistem maupun manual. Berbasis piranti lunak (SW) akan lebih rentan dibanding berbasis piranti keras (HW) dalam beberapa hal.

11) Q: Apa titik kritikal dari sistem ini ?
B: Titik kritikal terjadi apabila pemilih setelah memilih tidak memasukan kertas hasil printer kedalam kotak atau memasukan kertas lain kedalam kotak, sehingga akan terjadi selisih jumlah pemilih antara kotak dan komputer (dalam hal kotak suara dihitung karena untuk suatu keperluan)
I: Idem.

12). Q:Bagaimana antisipasi hal diatas (poin 11) ?
B: Kertas printer akan dibuat dengan logo berwarna serta pengawas benar2 mengawasi bahwa setiap pemilih memasukan kertas kedalam kotak suara
I: Idem

13). Q: Titik kritikal lainnya ?
B: Jumlah pemilih yang sudah ter-register tidak sama dengan jumlah pemilih maka untuk mengantisipasinya setiap pemilih yang sudah teregister tidak bisa keluar dari ruangan
I: Idem

14). Q: Apakah sistem ini mengakomodasi Golput ? atau pemilih tidak menentukan calonnya
B: Sistem ini dapat mengakomodasi Golput sehingga tergantung kepada aturan yang diterapkan
I: Idem

15). Q: Mengapa memilih sistem berbasis S/W?
B: (Sedang dikonfirmasi ke BPPT)
Q:Mengapa memilih sistem embedded?
I: + Reliable
+ Konsumsi Listrik rendah sehingga bisa dicatu oleh batere kecil.
+ Tidak perlu khawatir dengan virus dan trojan karena program yang dijalankan sudah fix yang ada dalam EEPROM bukan berupa operating system yang terbuka.
+ Harganya lebih murah, perangkat board utamanya saja sudah lebih murah dibanding motherboard PC.
+ Program sangat stabil dan tidak akan berubah, tidak seperti PC yang rentan terhadap pasokan listrik ataupun defrag data pada hardisk.
+ Alat ini dapat mengirimkan hasil pemilihan kepusat data mesin-mesin (m-to-m) tanpa melibatkan operator (tidak perlu ada kekhawatiran dimanipulasi oleh petugas). Data dipusat dapat dibandingkan dengan data lokal pada mesin evoting.

16). Q: Apakah sistem ini dapat digunakan untuk Remote Voting, SMS maupun Web?
B: (Sedang dikonfirmasi ke BPPT)
I: Sistem ini sangat mudah jika ingin dilengkapi untuk mengakomodir sistem remote voting baik SMS maupun website (intenet) dan dijamin akan tetap secure.

Written by Adhi Rachdian

2 November 2011 pada 16:54

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. wuihh mantepp nih system kalo misal bisa semuanya itu gan!!

    Istanamurah

    21 Mei 2014 at 16:45


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: