Fresh Mobile Online Notes of Rachdian

Just another Microblog of Rachdian Center at WordPress.com site

Ketika Sirine Ambulans Meraung…

with one comment

Ketika mobil ambulans membunyikan sirinenya dan bergegas menuju sebuah RS, lazimnya kota2 di Indonesia hanya sedikit pengendara yang peduli, sebagian besar bahkan tidak peduli. Tidak ada keinginan membantu mengosongkan jalanan, rasa ingin meminggirkan kendaraannya sendiri agar tidak menghalagi jalur lintas ambulans saja tidak pernah terpikirkan.

Jika saja kendaraan yang membunyikan sirine adalah patwal yang mengawal pejabat, dengan sigap pengendara meminggirkan kendaraannya. Yang pasti bukan rasa empati apalagi rasa ingin menghormati sang pejabat tapi rasa takut dengan sang pembuka jalan. Hal yang sama jika yang membunyikan sirine adalah iring2an konvoi komunitas, motor gede dll.

Padahal secara logika paling sederhana, kita pasti tahu keperluan ambulans sudah pasti berkaitan dengan masalah kemanusiaan bahkan seringkali untuk urusan nyawa seseorang. Sedangkan pejabat yang akan lewat tidak jarang hanya untuk kepentingan keperluan keluarga atau bahkan lebih parah, untuk keperluan rapat dinas/gelap untuk menaikan anggaran agar calo2 bisa mendapat “jatah lebih”.

Ditambah persoalan tipikal lalu-lintas dinegara kita, lengkaplah sudah kegentingan dan saat-saat kritis pasirn didalam ambulans tsb.

Kalau kita renungkan bersama…

Inikah cerminan masyarakat yang mengaku masyarakat berpancasila yang penuh toleransi dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan peradaban?

Saya hanya berharap, ambulans tersebut dapat segera sampai ke tujuan dan pasien didalamnya siapapun itu secepatnya mendapat pertolongan yang seharusnya.

Bagi anda “pengendara yang cuek” berharaplah didalam ambulans tersebut bukan anggota keluarga yang anda cintai.

Sekedar menjadi bahan perenungan agar hidup dapat lebih berarti bagi orang lain dari hal yang “menurut kita sepele” tetapi urusan hidup atau mati (bagi orang lain tanpa kita sadari atau tidak), jangan tunda untuk segera memberikan jalan bagi ambulans dibelakang anda.

Bandung, 26 Juni 2011

20110626-165843.jpg

Written by Adhi Rachdian

26 Juni 2011 pada 17:00

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Keren niiii…

    Salam UIK UIK dari kami Sirine Patwal

    Klakson Polisi TOA

    23 Januari 2014 at 05:32


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: